Manfaat Akar Alang-alang

manfaat akar alang-alangKali ini akan menginformasikan tentang manfaat akar alang-alang. Alang-alang mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda, bahkan Anda sudah mengenal jauh semasa kita masih kecil, baik itu di pengarangan rumah maupun di pinggiran pesawahan atau ladang. Mungkin tanaman alang-alang sekilas kelihatan hanya sebuah tanaman yang tidak berguna dan hanya mengganggu tanaman saja. Tetapi apakah Anda tahu bahwa khasiat dan manfaat akar alang-alang ini bagi kesehatan dapat diterapkan dalam pengobatan.

Akar alang-alang ini dapat dibuat sebagai obat alami penurun panas demam maupun membersihkan ginjal, dll. Manfaat tersebut diantaranya :

  • Manfaat akar alang-alang untuk pengobatan penurunan panas demam

Caranya dengan mengambil beberapa batang akar rumput alang-alang, lalu dicuci sampai benar-benar bersih. Untuk mempermudah potong kecil-kecil hingga satu sendok makan. Kemudian rebuslah dengan menambah dua gelas air sampai mendidih dan hingga diperoleh satu gelas saja. Kalau sudah angkatlah, dan minum air rebusan akar alang-alang tersebur pada pagi dan sore hari

  • Menggunakan akar alang-alang untuk membersihkan ginjal

Akar alang-alang mengandung asam kersik, logan alkaki dan damar yang berfungsi sebagai penurun panas dan pembersih ginjal. Dengan meminum ramuan ini ditambah dengan minum air dalam jumlah yang cukup dapat memperbanyak air seni untuk mengikis batu ginjal maupun kotoran lainnya.

  • Akar alang-alang untuk mengobati darah tinggi

Caranya dengan mengambil alang-alang secukupnya, lalu bersihkan dan rebuslah sampai mendidih. Kemudian minumlah bila sudah dingin. Ramuan tersebut dapat mengurangi tekanan darah tinggi dengan perannya sebagai diuretik alami yaitu mengeluarkan kelebihan cairan dalam tubuh pada penderita hipertensi.

  • Alang-alang untuk menghentikan pendarahan

Caranya dengan mengambil bebrapa daun alang-alang yang masih muda. Lalu tumbuklah daun alang-alang tersebut sampai lembut. Kemudian tempelkan daun yang sudah halus tersebut pada luka, hal tersebut dapat mencegah terjadinya pendarahan.

  • Alang-alang untuk penyakit saluran kencing

Caranya, ambillah alang-alang dan akar aren secukupnya, lalu bersihkan dan rebuslah dengan tambahan 10 gelas air. Kemudian angkatlah apabila sudah mendidih. Setelah dingin, minumlah air ini 3 kali sehari selama 15 hari berturut-turut. Hal ini dapat menyembuhkan sakit saluran kencing.

Manfaat akar alang-alang sebagai obat alami bukanlah suatu yang kebetulan. Seperti halnya tanaman akar wangi dan tanaman adas, yang menurut hasil penelitian para ahli tanaman ada banyak kandungan kimiawi yang terdapat di dalam batang dan akar tanaman alang-alang. Alang-alang ini memiliki kandungan glukosa, malic acid, serta citric acid.

Selain kandungan tersebut, akar alang-alang juga terdapat kandungan kimia coixol, cylindrin, arundoin, simiarenol, fermenol dan kandungan anemonin. Untuk bagian alang-alang yang sering digunakan untuk pengobatan ialah pada bagian akar, daun dan bagian bunganya.

Demikian informasi yang dapat diinformasikan mengenai tanaman rumput alang-alang sehingga tanaman ini bisa dimanfaatkan tidak hanya menjadi hama disekitar rumah.