Manfaat Biji Pepaya yang Unik

gambar biji pepayaPepaya merupakan salah satu sumber protein nabati yang dikenal banyak berguna untuk kesehatan. Pepaya atau memiliki nama latin Carica papaya L sendiri merupakan tanaman yang diperkirakan berasal dari Amerika Latin dan termasuk kedalam golongan salah satu buah populer yang cukup banyak memiliki penggemar dan cukup familiar di dunia. Di negara kita Indonesia sendiri buah pepaya sudah cukup banyak dibudidayakan, baik lahan kosong sekitar rumah maupun untuk tujuan yang lebih komersil.

Cara mengkonsumsinya pun mirip dengan cara mengkonsumsi buah lainnya, yaitu dengan cara membuang biji untuk kemudian dagingnya dimakan setelah kulitnya dibuang terlebih dahulu. Umumnya orang-orang akan membuang biji buah pepaya karena dianggap tidak berguna kecuali untuk bibit. Padahal didalam buah pepaya terdapat manfaat biji pepaya yang sangat berguna untuk dimanfaatkan, apabila biji pepaya diolah untuk diambil minyaknya akan sangat menguntungkan.

Sementara manfaat biji pepaya secara tradisional dapat digunakan sebagai obat untuk gangguan pencernaan, penyembuhan penyakit kulit, bahan pembuatan alat kontrasepsi pria, bahan utama untuk pembuatan obat masuk angin, obat cacing, serta dapat digunakan sebagai sumber untuk mendapatkan minyak dengan kandungan asam-asam lemak tertentu.

Selain dari yang disebutkan diatas, masih ada beberapa manfaat biji pepaya lainnya, sifatnya yang anti bakteri. Dalam beberapa penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa biji pepaya dapat digunakan untuk mengurangi berkembangbiaknya bakteri yang tidak diinginkan seperti Salmonella, Escherichea Coli dan juga infeksi yang disebabkan Staphylococcus. Manfaat biji pepaya selanjutnya adalah dapat mengurangi dengan signifikan jumlah parasit yang terdapat dalam usus.

Dalam sebuah penelitian yang pernah dilakukan pada pasien anak-anak di Nigeria yang terjangkit parasit didalam usus, sekitar 77% dari anak-anak tersebut segera sembuh dari penyakit parasit usus dengan pengobatan ekstrak biji pepaya yang dilakukan selama 7 hari. Persentase kesembuhan ini jauh lebih besar jika dibandingkan pengobatan dengan hanya menggunakan sugesti/placebo sebagai pembanding.

Sementara di belahan dunia bagian timur yakni China, biji pepaya juga digunakan sebagai teh yang diyakini dapat membasmi racun-racun yang terdapat di hati, manfaat biji pepaya ini juga telah direkomendasikan untuk digunakan rakyat yang berada di negeri tirai bambu tersebut. Dalam keterangannya, beberapa dokter memberikan penjelasan bahwa biji pepaya dapat secara alami membantu pengobatan penyakit sirosis hati. Biji pepaya juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk menghitamkan rambut putih atau yang disebut juga dengan uban.

Timbulnya uban pada rambut sendiri memang dapat disebabkan oleh banyak faktor diantaranya faktor genetika, umur, pemakaian obat berbahan kimia secara berlebih maupun suatu keadaan dimana individu tersebut pernah mengalami penyakit tertentu. Manfaat biji pepaya untuk menghitamkan rambut yang putih/uban memang sudah terbukti secara klinis. Kandungan berupa zat Glukosida Kakirindan Karpain yang terdapat didalam biji pepaya terbukti dapat menghitamkan kembali rambut yang beruban secara alami.

Itulah beberapa manfaat biji pepaya yang bisa kami sebutkan, semoga dapat membuka dan memperluas wawasan kita semua mengenai khasiat dan kegunaan dari bagian dari buah pepaya yang masih sangat jarang untuk dimanfaatkan ini.