Manfaat Buah Delima bagi Kesehatan (Pomegranate)

manfaat pomegranateDelima atau pomegranate (punica granatum) merupakan buah yang mengandung antioksidan dalam jumlah yang tinggi. Ada tiga macam delima yang yang kita kenal yaitu buah delima putih, buah delima merah, dan ungu.

Pada penelitian yang dilakukan pada 45 orang pasien Penyakit jantun koroner iskemik (PJK) menghasilkan kesimpulan bahwa delima mampu meningkatkan aliran darah di pembuluh darah koroner. PJK merupakan penyakit dimana pembuluh darah yang mendarahi jantung (koroner) terhambat.

Relawan penelitian yang minum 8 ons jus delima setiap hari selama 3 bulan menunjukan lebih sedikit mengalami gejala iskemia (sakit pada jantung) dibanding dengan peserta yang tidak mengkonsumsi jus buah delima. Dean ORnish MD yang yang menganalisis penelitian tersebut bahkan mengatakan bahwa buah delima mungkin dapat mencegah penyakit jantung.

Jus buah delima dapat menghentikan pembangunan plak lemak di dinding pembuluh darah serta membantu menjaga kadar kolesterol darah dengan menurunkan LDL dan meningkatkan HDL.

Manfaat buah delima khusus bagi laki-laki diantaranya adalah mencegah dan memperlambatkanker prostat. Pomegranate mencegah serta memperbaiki kerusakan DNA penyebab kanker. Dosis harian buah delima sangat membantu tetapi tidak dapat mengikis kanker dengan sendirinya, perlu pengobatan utama untuk menekan pertumbuhannya.

Karena sifatnya yang mampu memperlancar peredaran darah, delima juga diketahui mampu mengatasi masalah disfungsi ereksi pada sebagian pria.

Buah delima dan alzhimer
Alzheimer merupakan penyakit pengerutan sel otak dengan ciri kemunduran kognitif secara menyeluruh seperti pikun, berkurangnya daya pikir dll. Secangir jus buah delima sehari sudah cukup untuk mencegah perkembangan penyakit ini seperti yang disampaikan dr Oz dalam acara oprah winfrey. Dari secangkir delima itu anda juga mendapatkan tambahan potasium, zat besi, asam folat, vitamin A dan vitamin E.