Manfaat buah markisa untuk kesehatan

gambar buah markisaDi indonesia terdapat dua jenis buah markisa yaitu markisa yang tumbuh di dataran rendah yang berwarna kuning dan markisa yang tumbuh di dataran tinggi yang berwarna ungu. Ada juga yang disebut markisa manis yang tumbuh di daerah sumatera barat.

Tanaman markisa masuk dalam genus Passiflora yang berasal dari amerika selatan ada yang mengatakan dari Brasil ada juga yang mengatakan berasal dari Paraguay.

Tanaman markisa membutuhkan tanah yang subur dan kelembaban yang cukup untuk dapat tumbuh dengan baik. Ada lebih dari lima ratus jenis markisa tetapi yang umum dibudidayakan adalah jenis markisa ungu dan markisa kuning.

Markisa memiliki bentuk oval dengan diametee sekitar 4-8 cm, kulitnya agak keras seperti kulit manggis denga berat sekitar 35-50 gram.

Markisa kuning umumnya lebih besar daripada yang varietas ungu tetapi markisa ungu tidak begitu asam,memiliki rasa dan aroma yang lebih kaya dan memiliki daging yang lebih banyak.

Buah markisa enak dimakan dalam keadaan segar tetapi kebanyakan daging buahnya diawetkan melalui proses pendinginan maupun pemanasan. Karena rasa buahnya yang cukup asam biasanya ekstrak markisa ditambah berbagai macam bahan seperti gula atau campuran lainnya. Produk olahan markisa antara lain serbat, sari buah markisa, squash, jeli, es krim, nentar, konsentrat dan selai.

Manfaat markisa untuk kesehatan cukup beragam, tidak hanya buahnya yang dimanfaatkan tetapi daunnya juga memiliki manfaat.

Manfaat buah markisa
Meskipun pengobatan tradisional dari makanan memiliki kelemahan dalam penentuan dosis yang efektif tetapi tidak ada salahnya mencobanya. Buah markisa memiliki rasa yang nikmat dan dapat diolah menjadi berbagai makanan, jadi kita dapat menikmati rasanya sekaligus mendapatan manfaat kesehatan yang ada didalamnya.

Markisa tercatat mampu meredakan nyeri , mengatasi sakit kepala, tenggorokan kering, baik bagi yang menderita kelelahan kronis, anti kejang, membantu penyembuhan kolitis, insomniam sembelit, diare, anemia, melancarkan asi, meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi tubuh dari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas dan memulihkan kondisi tubuh pada masa penyembuhan.

Buah markisa merupakan sumber vitamin C dan A. Markisa segar juga mengandung banyak postassium, potassium merupakan komponen sel dan cairan tubuh yang penting dalam regulasi tekanan darah dan denyut jantung.

Markisa juga mengandung beberapa mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang cukup seperti besi, fosfor, tembaga, dan magnesium.

Manfaat daun markisa
Daun markisa mengandung alkaloid yang dapat menurunkan tekanan darah. Di beberapa negara, ekstrak daun markisa digunakan sebagai obat tradisional mengatasi penyakit gelisah (anxiety) dan gugup (nervouseness).

Selain itu daunnya juga mengandung antioksidan alami yaitu polifenol. Pada penelitian yang dilakukan oleh para peneliti University of Florida menghasilkan kesimpulan bahwa daun passion fruit (markisa) mampu membunuh sel kanker in vitro. Zat yang berperan sebagai anti kanker diantaranya adalah polifenol dan karotenoid.

Secara tradisional daun markisa juga digunakan sebagai obat insomnia, diare, disentri, asthma bronkial, dan masalah menopause