Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

manfaat buah pir

Kali akan membahas beberapa manfaat buah pir bagi manusia. Buah pir adalah salah satu buah yang masuk dalam keluarga Pyrus, yakni merupakan tanaman yang mudah tumbuh di berbagai belahan dunia, seperti Eropa Barat, Afrika Utara sampai Asia. Tapi siapa yang menyangka bahwa manfaat buah pir ini sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Banyak sekali nutrisi dan gizi dibalik buah yang berwarna kuning agak kecoklatan dan memiliki bintik-bintik coklat ini. Terdapat banyak cara untuk mengkonsumsi buah pir, baik dikonsumsi secara langsung maupun dalam bentuk jus.

Beberapa manfaat buah pir untuk kesehatan, sebagai berikut :

  • Dapat menenangkan pencernaan. Serat dan pektin di dalam buah pir bisa membantu menghentikan diare serta tanin yang dapat menenangkan saluran pencernaan yang teriritasi.

  • Membuat tetap terhidrasi. Buah pir adalah jenis buah yang kaya air sehingga dapat memenuhi asupan cairan di dalam tubuh

  • Dapat menurunkan kolesterol. Pada buah pir ini memiliki kandungan pektin yang tinggi (yang lebih tinggi daripada apel). Inilah yang membuatnya ampuh untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Perktin tersebut menyerap lemak di usus sebelum mereka diserap melalui aliran darah.

  • Dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Buah pir ini mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, B2, B3, B6, C, K, kalsium, magnesium,tembaga, mineral dan kalium. Jadi buah ini sangatlah bagus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

  • Buah hypoallergenic. Maksudnya buah yang tidak memiliki efek samping bagi penderita alergi tertentu.

  • Dapat mencegah kanker. Maksunya buah pir ini mengandung asam hydroxycinnamic yang dapat mencegah kanker paru-paru dan kanker perut.

  • Dapat melawan Alzheimer. Pada penelitian terbaru dari Cornell University, bahwa kulit pir mengandung antioksidan quercetin yang dapat melawan penyakit Alzheimer. Sehingga jika Anda mengalami penyakit tersebut dapat diobati dengan memakan pir dengan disertakan kulitnya.

  • Dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Buah pir mengandung boron yang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan kalsium yang dapat mencegah osteoporosis.

Untuk khasiat buah pir diantaranya : mengendalikan tekanan darah, mengendalikan kolesterol, mencegah terjadinya penyakit kanker, dapat menurunkan panas demam, dapat mencegah sakit tenggorokan, mencaga kesehatan usus, dapat mencegah penyakit beri-beri, dapat memperlancar buah air besar, dapat membuang racun-racun yang terdapat di dalam tubuh, dapat menjaga kesehatan kulit dan mata, dan dapat mencegah sariawan.

Selain khasiat tersebut, buah pir masih memiliki khasiat yang banyak lagi. Seperti halnya membantu proses diet terutama bagi kaum wanita. Buah pir ini juga sangat baik untuk meredakan sakit kepala, asma, pilek, dan alergi.

Demikian artikel ini mengenai manfaat buah pir dan beberapa khasiatnya, semoga dapat menambah pengetahuan kita tentang manfaat buah-buahan yang ada di sekitar kita, serta dapat memberi manfaat bagi yang membacanya.