Manfaat Ikan Lele

manfaat ikan lele pecelIkan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sangat popular di Indonesia. Teknik ternak lele yang relatif mudah (bisa dilakukan dimanapun) membuat ikan ini dikonsumsi hampir diseluruh pelosok nusantara. Rasa ikan yang gurih ditambah tulangnya yang minim membuat penggemar lele kian bertambah.

Selain enak untuk dikonsumsi, ikan lele ternyata juga mengandung banyak manfaat. Hal ini disebabkan kandungan gizinya lengkap dan diperlukan oleh tubuh. Sebut saja leusin dan lisin yang terkandung dalam ikan lele merupakan asam amino non esensial yang dapat membantu proses pertumbuhan. Kedua senyawa ini bekerja membentuk sel-sel baru yang mengganti sel-sel lama yang telah using. Dengan adanya regenerasi sel maka tubuh menjadi lebih sehat dan segar.

Lisin pada ikan lele juga diperlukan untuk membentuk kolagen yaitu cairan yang dapat membuat kulit menjadi kenyal dan muda. Jadi, secara tidak langsung mengonsumsi ikan lele sangat baik untuk menjaga kecantikan kulit.
Kandungan lain dari ikan lele adalah asam lemak omega 3. Seperti yang banyak ditayang kan di iklan produk susu, omega 3 merupakan zat yang dapat membentuk kecerdasan seseorang. Omega 3 ini sangat diperlukan anak-anak yang masih dalam tahap perkembangan untuk membentuk kecerdasan mereka.
Selain anak-anak, omega 3 juga baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Omega 3 akan membantu membentuk sel-sel saraf yang diproduksi hanya saat kehamilan saja. Bila ingin anak yang dilahirkan nantinya cerdas, sebaiknya ibu hamil rajin mengonsumsi ikan lele.

Bila omega 3 berfungsi mencerdaskan, kandungan fosfor juga diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Nah, ikan lele ini ternyata juga kaya akan fosfor. Mineral yang satu ini sebaiknya diberikan kepada ibu hamil untuk pertumbuhan janin dan anak-anak agar dapat tumbuh optimal.

Disamping omega 3, ikan lele juga mengandung omega 6. Kedua senyawa ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Meski demikian, jangan berlebihan dalam mengonsumsinya karena ikan lele juga mengandung senyawa berbahaya seperti trigliserida

Secara tidak langsung mengonsumsi ikan lele akan mempercepat pembentukan energi. mengapa? Karena ikan lele mengandung vitamin B12 yang berfungsi membantu memecah glukosa menjadi energi. bila Anda dalam keadaan lemas dan kurang energi sebaiknya segera konsumsi ikan ini karena mengandung lemak, protein, dan vitamin B12 sekaligus.

Ikan lele juga kaya akan mineral seperti kaliun, selenium, dan niacin. Mineral ini bermanfaat untuk membentuk koenzim yang dibutuhkan dalam proses pencernaan makanan. Meskipun diperlukan dalam jumlah mikro, namun kekurangan mineral juga bisa berakibat fatal.

Kalium dalam ikan lele juga diperlukan untuk transfer signal dari satu sel saraf ke sel saraf berikutnya. Artinya, kalium sangat diperlukan untuk proses berpikir dan kesehatan sel saraf.