Manfaat Labu Kuning

manfaat labu kuning untuk kesehatanIndonesia diberkahi dengan kekayaan alamnya. Dengan banyak gunung yang membuat tanahnya subur sehingga tanaman tumbuh dengan baik di Indonesia.

Salah satu tanaman yang berfungsi sebagai bahan makanan dan memiliki manfaat kesehatan yang besar adalah labu kuning (Cucurbita moschata D).

Umumnya labu kuning memiliki berat 3-6 kg, labu kuning terbesar bisa mencapai berat 25 kg. Bentuknya bervariasi mulai dari yang bulat pipih, panjang atau lonjong. Saat masih muda warnanya hijau sedangkan yang lebih matang berwarna kuning oranye keputih-putihan.

Warna kuning buah ini menandakan bahwa terdapat banyak beta-karoten. Zat ini akan dirubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Manfaat vitamin A penting untuk kesehatan mata, kekebalan tubuh, kulit serta berperan untuk kesehatan sistem reproduksi. Nutrisi ini juga dikenal sebagai antioksidan yang menurunkan resiko terkena kanker.

Rendah kalori
Labu kuning salah satu bahan makanan yang direkomendasikan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan karena mengandung sedikit sekali kalori yakni 26 kalori dalam setiap 100 gram. Selain itu labu kuning juga tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol.

Serat
Labu kuning memiliki manfaat untuk menjaga pencernaan agar tetap bisa bekerja dengan baik karena mengandung serat yang cukup tinggi. Serat yang cukup menjauhkan kita dari sembelit, wasir, kanker kolon dan masalah pencernaan lainnya. Serat juga sangat direkomendasikan dalam diet sehat, diet untuk mengontrol kolesterol, diet penurunan berat badan dan diet untuk diabetesi.

Vitamin C.
Penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan serta penting dalam proses metabolisme.

Vitamin E
Bersama dengan vitamin A dan vitamin C, vitamin E dalam labu kuning berperan sebagai anti oksidan yang menjaga kesehatan dan menjauhkan dari macam-macam penyakit termasuk penyakit degeneratif

Kalium
Berperan dalam menjaga keseimbangan asam basa, untuk kontraksi otot termasuk otot jantung, fungsi otak dan beberapa proses fisiologi lainnya.

Zat besi
perannya krusial dalam pembetukan sel darah merah. Sangat direkomendasikan untuk ibu hamil dan orang dengan anemia.

Manfaat biji labu kuning
Kandungan mineral seng dan magnesium menjaga kesehatan organ reproduksi terutama prostat. Fitosterol dalam biji labu kuning membantu meningkatkan hormon pria-testosteron serta mengecilkan perbesaran kelenjar prostat. Biji labu memang merupakan sumber serat yang sangat baik dan asam lemak tak jenuh, yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, sumber protein, mineral dan vitamin. Misalnya, 100 g biji labu menyediakan 559 kalori, 30 g protein, 110% kebutuhan besi, 4987 mg niacin (31% RDA), selenium (17% RDA), seng (71%) dll, tapi tanpa kandungan kolesterol. Selanjutnya, biji labu kuning merupakan sumber yang sangat baik asam amino triptofan. Triptofan diubah menjadi GABA di otak. GABA merupakan salah satu neurotransmiter otak.

Nutrisi lain yang terdapat dalam labu kuning yang bermanfaat untuk kesehatan yaitu karbohidrat, mineral (tembaga, seng, natrium kalsium, fosfor), niacin, tiamin, protein dan lemak.