Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan

manfaat labu siam

Pada awalnya labu siam (sechium edule) di budidayakan oelh suku maya dan aztec di kawasan Amerika tengah kemudian menyebar keseluruh dunia setelah masa penaklukan spanyol. Labu siam dibudidayakan di Indonesia setelah diperkenalkan oleh orang-orang Belanda. Ada dua jenis labu siam yakni yang berduri-duri kecil dan tanpa duri. Buah ini tumbuh sepanjang tahun dan tidak mengenal musim sehingga mudah ditemukan di pasar-pasar setiap harinya. Lalu siam memiliki warna hijau atau hijau kekuningan denga besar 5-20 cm, beratnya bervariasi mulai 50 gram sampai dengan dua kilogram perbuah.

Labu siam memiliki banyak nama lain seperti welok (jawa tengah), Jipang (jawa tengah), manisah (jawa timur), waluh siam (jawa barat) dan chayote (bahasa inggris)

Di Indonesia labu siam sering dimasak sebagai lalapan, disayur misalnya dengan ditumis, sebagai campuran sayur asam, sup dll. Rasanya yang ringan bisa dijadikan berbagai bahan tambahan pada masakan maupun sebagai bahan utama.

Labu siam dapat dimakan seluruhnya tanpa perlu dikupas termasuk kulit dan biji halus yang ada didalamnya dapat dikonsumsi dengan aman.

Selain dimanfaatkan sebagai bahan makanan, labu siam juga memiliki manfaat kesehatan. Untuk anda yang memiliki batu ginjal dengan ukuran kecil bisa dilarutkan. Penelitian mengungkap bahwa manfaat daun labu siam untuk mengikis batu ginjal karena sifatnya yang berperan sebagai diuretik

Kandungan Labu siam yang bermanfaat. Labu siam juga dilaporkan mengurangi masalah kesehatan akibat hipertensi dan atherosklerosis.

Labu siam merupakan sumber serat yang sangat penting untuk pencernaan dan penyerapan gula darah. Serat makanan membuat transit time sisa makanan menjadi lebih singkat. Semakin lama kotoran berada di usus maka semakin banyak menyerap zat karsinogenik (zat penyebab kanker) sehingga semakin cepat transit time maka kemungkinan terkena kanker usus semakin kecil.

Serat juga penting dalam menjaga gula darah agar tidak naik dengan cepat. Serat makanan dalam labu siam bermanfaat bagi penderita diabetes agar gula darahnya tetap stabil. Ada informasi bahwa buah dan bijinya memiliki manfaat penderita diabetes karena bersifat antidiabetes.

Tidak banyak orang tahu bahwa labu siam merupakan sumber vitamin B, vitamin C, vitamin K, selain itu buah ini juga rendah sodium, rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol.

Kandungan folatnya cukup tinggi yaitu mencapai 93 mkg per 100 gram dan ini sudah mencukupi kebutuhan tubuh akan folat sebanyak 23,5 persen. Asam folat penting bagi ibu hamil untuk pertumbuhan janin. Asupan asam folat yang cukup menurunkan resiko Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR) dan kecacatan.

Mineral yang dibutuhkan oleh tubuh juga terkandung dalam labu siam seperti mangan, tembaga, dan zinc.

Saat membeli labu siam sebaiknya memilih buah yang masih keras dan mulus. Buah yang sudah lembek dan keriput menandakan bahwa kondisinya sudah tidak segar.