Manfaat Lada Bagi kesehatan

manfaat lada putih bagi kesehatanSalah satu bumbu yang banyak digunakan didapur adalah lada hitam dan lada putih. Sebenarnya lada hitam dan putih berasal dari tumbuhan yang sama yang membedakan adalah cara pengolahannya. Memetik lada pada waktu masih hijau akan menghasilkan lada hitam sedangkan apabila sudah matang maka akan menghasilkan lada putih jadi manfaat lada hitam dan putih untuk kesehatan pada dasarnya hampir sama.

Lada (Piper Ningrum) memiliki sifat yang menghangatkan dan memiliki aroma yang khas. Selain memberi rasa dan aroma pada makanan, lada juga memiliki khasiat bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat lada untuk kesehatan:

Lada memiliki manfaat untuk melegakan saluran pernapasan dan melancarkan aliran darah disekitar kepala. Rasa pedas dan hangat dari merica banyak direkomendasikan bagi penderita influenza, mual akibat masuk angin, kepala pusing dan perut kembung. Tongseng, steak, rica-rica dan sup ayam adalah beberapa masakan yang baik bagi penderita beberapa masalah kesehatan diatas.

Times of health menyatakan bahwa asam lada hitam dapat menstimulasi perut dalam meningkatkan pencernaan, yaitu asam klorida. Karena sifatnya yang bersifat stimulan pencernaan, jika sedang diare atau kolik sebaiknya kurangi mengkonsumsi lada.

Merica juga menstimulasi pengeluaran keringat dan air seni, ini baik untuk anda yang sedang diet sekaligus untuk membuang zat sisa dari dalam tubuh. Lapisan luar lada bisa berfungsi sebagai pemecah lemak.

Manfaat merica bagi kulit ialah menyembuhkan vitiligo, vitiligo adalah penyakit pada kulit dengan ciri-ciri kulit kehilangan sebagian pigmen normal dan menjadi putih. Piperin pada lada mampu merangsang kulit memproduksi pigmen.

Lada atau merica membantu melonggarkan jalan pernapasan pada penderita asma, meskipun tetap diperlukan pengobatan konvensional yang adekuat.

Lada hitam maupun putih memiliki kandungan antioksidan yang baik. Banyak-banyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan karena dapat mencegah tubuh terserang beberapa masalah kesehatan serius.

Bagi para suami, ternyata lada juga mampu meningkatkan gairah. Dari British journal of Dermatology, peneiliti dari king’s college London telah menemukan manfaat kandungan piperine dalam merica yang berfungsi sebagai afrodisiak alami yang bekerja di hole pembentukan nitrit oxicide (NO). Nitrit oksida berperan dalam proses ereksi.

Meskipun lada memiliki banyak khasiat tetapi tetap saja dapat menimbulakan efek samping apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Lada dapat menyebakan jantung berdebar-debar serta tidak baik bagi penderita, maag, diare serta nyeri kolik.