Manfaat salak untuk kesehatan

manfaat salak bagi kesehatanSalak sudah tidak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia. Terlebih lagi banyak berbagai macam perkebunan salak diantaranya salak pondoh, salak condet, swaru dan bali.

Buah ini memiliki warna kulit cokelat dan bersisik segitiga dengan variasi rasa ada yang manis, manis asam dan ada juga yang sedikit sepat.

Buah yang memiliki nama latin Salacca Edulis ini mengandung flavonoida, saponin dan tanin.

Kandungan gizi yang terdapat dalam buah salak antara lain 368 kilokalori, lemak 0,4 gram, kalsium 38 miligram, zat besi 3,9 miligram, karbohidrat 90,3 gram, protein 0,8 gram dan vitamin C sebanyak 8,4 miligram.

Kalau kita melihat lebih dekat sebenarnya buah, sayuran dan makanan lain disekitar kita memberikan manfaat untuk kesehatan tetapi kita perlu mengetahui lebih banyak agar hasilnya lebih maksimal, termasuk untuk buah salak ini.

Selain rasanya yang enak manfaat buah salak kalau digali lebih jauh ternyata jumlahnya cukup banyak diantaranya adalah:

1. Menyembuhkan diare

Kandungan tanin dalam buah salak mampu menyembuhkan diare. Jadi kalau perut sedang mulas-mulas karena diare tidak ada salahnya mengkonsumsi salak untuk mengatasinya. semakin sepat rasa salak ini kandungan taninnya semakin banyak sehingga semakin ampuh mengatasi diare. Namun kandungan tanin yang terdapat dalam salak ini juga dapat menimbulkan konstipasi atau sembelit jika dikonsumsi terlalu banyak. untuk mensiasatinya yaitu dengan memilih salak yang manis dan jangan membuang kulit arinya saat dimakan karena kulit ari salak banyak mengandung serat yang sangat baik bagi kesehatan pencernaan.

2. Meningkatkan kinerja otak.

Kandungan potassium dan pektin yang banyak terdapat dalam buah salak diklaim mampu meningkatkan kinerja otak. Potassium penting untuk kecerdasan pengendali detak jantung dan berbagai macam proses dalam tubuh.

3. Manfaat salak untuk mata

Penelitian nutrisi mengungkap bahwa kandungan betakaroten dalam buah salak 5,5 kali lebih tinggi dibandingkan dengan buah mangga atau 5 kali lebih besar dari buah semangka. Betakaroten penting untuk menjaga kesehatan mata agar tetap sehat dan salak bisa menjadi selingan sehat selain mengkonsumsi wortel.

4. Sebagai tambahan, daun salak bisa berfungsi sebagai obat wasir atau ambeien yang belum parah. Caranya dengan merebus 3 helai daun salak kemudian dicampur dengan gula merah untuk memperbaiki rasanya. Ramuan ini diminum dua kali sehari selama 15 hari berturut-turut agar hasilnya maksimal.

bagi para pencinta buah, salak dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh bahkan bisa digunakan sebagai obat alami.