Manfaat Sansevieria / Lidah Mertua

manfaat sansiveraBagi pecinta tanaman hias pasti sudah mengenal tanaman Sansevieria. Selain karena bentuk dan warnanya yang menarik ternyata Sansevieria (tanaman lidah mertua) memiliki manfaat yang penting untuk lingkungan.

Sansevieria dapat tumbuh dengan sedikit air dan sedikit cahaya matahari meskipun bisa tumbuh subur saat kondisi basah. Salah satu kelebihan Sansevieria ini memang dari kemampuannya yang sangat baik dalam beradaptasi dengan lingkungan.

Tanaman hias yang di Indonesia juga disebut sebagai Tanaman lidah mertua memiliki banyak spesies tetapi secara umum dibagi menjadi dua yaitu yang memiliki daun memanjang ke atas dan jenis jenis yang berdaun melingkar dan pendek. Dari segi warna Sansevieria memiliki warna yang beragam mulai dari hijau muda, hijau abu-abu, hijau tua, perak dan beberapa kombinasi warna.

Manfaat Sansevieria diantaranya adalah mampu menyerap polutan yang ada di udara dan menghubahnya menjadi beberapa senyawa asam amino dan asam organik. Tidak salah para pecinta Sansevieria menempatkannya di dalam ruangan selain untuk mempercantik dan menghidupkan ruangan juga berfungsi menyerap bau-bauan seperti asam rokok dan bau lainnya.

Riset yang dilakukan Wolverton Environmental menyatakan bahwa 4-5 helai daun Sansevieria sudah cukup untuk membersihkan udara dalam ruangan yang berukurang 100 meter persegi. Lidah mertua aman di tempatkan di luar maupun didalam rumah.

Beberapa laboratorium klinik juga sengaja menanam Sansevieria untuk menyerap berbagai polutan dari bahan-bahan kimia. Satu helai daun Sansevieria mampu penyerap hingga 0,938 mg formaldehid (formalin) setiap jamnya. Bahkan lidah mertua diklaim dapat menyerap 107 jenis unsur berbahaya yang ada di udara dan mampu meredam radiasi yang ditimbulkan dari berbagai barang elektronik seperti notebook, handphone, televisi dan lainnya.

Di negara Jepang dan Korea tanaman Sansevieria digunakan untuk menghilangkan bau perabotan rumah tangga serta mengurangi dampak yang mungkin ditimbulkan oleh radiasi benda-benda elektronik. Sedangkan badan antariksa Amerika (NASA) memanfaatkan kemampuan Sansevieria ini sebagai pembersih udara di stasiun antariksa mereka.

Jadi daya tarik Sansevieria tidak hanya bentuk dan warnanya saja yang dapat merindah lingkungan tetapi juga karena manfaatnya sebagai penyerap polutan.