Manfaat Senam Aerobik

manfaat senam aerobikOlaharaga adalah salah satu kegiatan yang kita lakukan untuk menjaga atau meningkatkan kesehatan sebagai rasa syukur kita kepada Tuhan YME. Salah satu olahraga yang menjadi favorit terutama dikalangan ibu-ibu adalah senam yang sifatnya aerobik.

Senam aerobik adalah serangkaian pilihan gerakan senam yang diiringi dengan musik. Gerakannya bersifat kreatif, energik, berirama dan umumnya cepat. Senam aerobik memiliki beberapa manfaat penting bagi tubuh. Gerakan-gerakan aerobik banyak disukai karena mudah dan menyenangkan. Berikut ini adalah manfaat senam aerobik bagi kesehatan

Menurunkan berat badan

Untuk menurunkan berat badan selain melakukan diet sehat dan pembatasan jumlah kalori dan lemak kita juga perlu lebih banyak membakar lemak. Jika ingin cepat membakar Senam lemak sebaiknya pilih olahraga yang banyak menggerakan anggota badan dengan cepat misalnya joging, dan senam aerobik.

Meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru

Gerakan aerobik yang berulang-ulang yang kebanyakan pada tangan dan kaki membuat jantung bekerja lebih giat, latihan senam aerobik secara rutin tidak hanya memperkuat anggota gerak tetapi juga memiliki manfaat memperkuat jantung serta memperbaiki penyerapan oksigen oleh paru-paru.

Manfaat senam aerobik untuk meningkatkan kelenturan dan kebugaran.

Gerakan-gerakan dalam senam aerobik bersifat berulang-ulang yang membutuhkan koordinasi tubuh serta banyak energi. Senam aerobik yang dilakukan dengan baik dan benar terbukti mampu meningkatkan kebugaran dan kesehatan secara umum.

Mengurangi stres

Pada dasarnya olahraga apapun yang dilakukan secara rutin dapat mengurangi stres bahkan membuat mood menjadi lebih baik. Disamping itu, aerobik juga membantu membentuk tubuh menjadi lebih indah yang tentunya meningkatkan rasa percaya diri.

Tips saat senam aerobik

- Pakailah kaos dan celana yang nyaman tidak terlalu longgar maupun terlalu ketat. Sepatu sebaiknya sepatu olahraga yang lentur dan pas di kaki.

- Lakukan perengan dan pemanasan beberapa menit sebelum senam dilakukan. Meskipun biasanya dalam senam aerobik terdapat sesi pemanasan tetapi tidak ada salahnya untuk melakukan sendiri untuk memastikan bahwa otot-otot sudah lentur dan siap untuk melakukan berbagai variasi gerakan. Pemanasan berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh yang mengurangi kemungkinan cedera.

- Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik dengan meminum cairan dalam jumlah yang cukup. Sangat direkomendasikan untuk minum susu cokelat setelah berolahraga.