Manfaat Shalat Dhuha

manfaat shalat dhuha

Sedekah Bagi Tubuh

Shalat merupakan ibadah wajib bagi umat islam. Tentunya, dalam aktivitas ini terdapat sejuta manfaat yang tersembunyi. Umat islam tidak hanya melaksanakan shalat wajib lima waktu, namun juga shalat-shalat sunah seperti shalat dhuha, shalat tahajjud, dan lain sebagainya. nah, salah satu shalat yang banyak menyimpan manfaat adalah shalat dhuha.
Shalat dhuha dikerjakan pada waktu dhuha yaitu ketika matahari sudah sepenggalan hingga beberapa saat sebelum dhuhur. Shalat ini merupakan salah satu ibadah sunnah yang sering dikerjakan rasulullah. Lalu, apa saja keutamaan dan manfaat shalat dhuha?

Shalat dhuha ini merupakan sedekah dari tubuh kita. Dari hadist riwayat muslim didapatkan bahwa setiap sendi harus disedekahi dan shalat dhuha merupakan cara untuk memenuhinya.
“Di setiap sendi seorang dari kamu terdapat sedekah,setiap tasbis adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah. Dan dua rakaat dhuha diberi pahala” (H.R Muslim)

Pembuka Pintu Rezeki
Sudah menjadi rahasia umum kalau shalat dhuha itu dapat membuka pintu rezeki. Asumsi ini bukan sembarangan karena disabdakan langsung oleh rasulullah saw.
“Shalat dhuha itu dapat mendatangkan rezeki dan menolak kekafiran. Dan tidak ada yangakan memelihara shalat Dhuha kecuali orang-orang yang bertaubat” (HR. Turmuzi dan Ibnu Majah, hadist hasan)

Dibangunkan Istana di Syurga
Orang yang gemar melaksanakan shalat Dhuha akan dibangunkan istana di syurga nanti. “Barang siapa mengerjakan shalat shuka sebanyak 12 rakaat, maka Allah akan membangunkan untuknya istana di syurga” (HR. Turmudzi dan Ibnu Majah, hadist hasan).

Menyehatkan jantung
Gerakan shalat pada umumnya ternyata sangat baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan jantung. Gerakan shalat ini sangat ringan namun penuh dengan makna medis sehingga tendon otot menjadi lentur, termasuk otot jantung. Jadi, secara tidak langsung shalat dhuha dapat menjaga kesehatan jantung.

Menyehatkan Paru-Paru
Shalat dhuha dilaksanakan pad apagi hari ketika udara masih segar dan sinar matahari belum naik. Nah, waktu ini sangat cocok untuk dilakukan olahraga dan gerakan shalat adalah olahraga yang menyehatkan. Saat melaksanakan gerakan shalat oksigen akan terserap lebih banyak yang tentunya akan memenuhi alveoli paru-paru. Oksigen ini akan membunuh kuman penyakit yang bersemayam di paru-paru. Nah, akhirnya paru-paru akan semakin sehat karena kaya oksigen dan bebas kuman.

Menghilangkan Stres
Berhenti sejenak dari pekerjaan dan melaksanakan shalat dhuha akan menenangkan pikiran. Otak yang tadinya tegang bisa rileks sesaat sebelum digunakan kembali. Shalat dhuha juga mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa sehingga hati menjaid jernih. Dengan demikian beban pekerjaan Anda tidak akan menyebabkan stress karena ketenangan hati.