Manfaat sit up

manfaat sit up bagi tubuhArtikel ini akan membahas beberapa manfaat sit up. Sit up merupakan salah satu olahraga yang murh meriah, artinya olahraga gini tidak memerlukan biaya untuk membeli alat olahraga tertentu. Namun walaupun murah, olahraga ini memiliki banyak keuntungan. Keuntungan dari latihan tambahan untuk memepercantik bentuk perut dan memperkuat otot-otot perut serta mempercantik bentuk tubuh. Dikarenakan ketika Anda bersandar perut, lalu elemen tubuh yang berbeda secara bersama-sama akan bekerja sama.

Olahraga ini dapat berpusatpada otot-otot perut dan akan membakar tumpukaan kalori terbukti jika Anda melakukannya dengan benar. Dengan sit up dapat meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh dan meningkatkan kekuatan otot. Dengan kadar testosteron rendah ini terkait dengan tekanan darah tinggi, osteoporosis, diabetes serta peningkatan lemak viseral pada pria maupun wanita.

Semua gerakan latihan otot mempunyai manfaat utama yaitu memperbesar otot. Adapun manfaat sit up antara lain sebagai berikut :

1. Dapat mengencangkan otot.

Sebuah studi tahun 1998 yang dilakukan oleh peneliti dari Penn State University dan dipublikasikan dalam Journal of Strength and Conditioning Research, bahwa testosteron itu konsisten dalam merespon otot. Serta sit up ini menggunakan otot-otot besar dada yaitu kelompok otot besar deltoid di bahu dan trisep. Dan juga otot lain termasuk otot perut yang bertindak sebagai stabilisator.

2. Manfaat sit up yang kedua adalah mencegah terjadinya osteoporosis. Menurut Hormone Foundation, testosteron pada tingkat yang rendah dapat berkontribusi pada hilangnnya kepadatan tulang dari waktu ke waktu dan mengakibatkan osteoporosis pada laki-laki. Testosteron yang rendah juga dapat menyebabkan hilangnya massa otot dan kekuatan secara keseluruhan, juga atrofi otot dari waktu ke waktu.

3. Panjang umur.

Pada sebuah studi tahun 2008 yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Greifswald di Jerman menunjukkan bahwa tingkat testosteron yang rendah dapat meningkatkan resiko hipertensi, diabetes, obesitas bahkan terjadinya kematian. Pada studi yang selama lebih dari tujuh tahun ini menemukan bahwa orang dengan kadar testosteron rendah, 2,5 kali lebih mungkin meninggal dinidibandingkan dengan orang dengan tingkat testosteron yang tinggi, konsumsi alkohol, terlepas dari merokok atau usia.

4. Dapat menghilangkan perut yang buncit.

Peneliti Rush UniversitybMedical Center dalam studi 2009 yang dipublikasikan dalam jurnal Obesitas, yang menemukan korelasi antara tingkat testosteron yang rendah dan berfluktuasi pada wanita menopause dapat mengakumulasi lemak visceral yakni lemak yang menumpuk di dalam dan pada sekitar organ vital di dekat pinggang. Kadar testosteron justru terbukti menjadi prediktor terkuat lemak visceral. Dengan menjadikan latihan sit up untuk menigkatkan testosteron dapat membantu menjaga lemak di perut Anda.

Semua manfaat kesehatan sit up tersebut dapat diperoleh jika kita melakukannya dengan benar, namun ada baiknya untuk dikombinasikan dengan jenis olehraga lainnya supaya hasilnya lebih maksimal.